حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ أَنَّ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَخْبَرَتْهُ
أَنَّ بَرِيرَةَ جَاءَتْ تَسْتَعِينُهَا فِي كِتَابَتِهَا وَلَمْ تَكُنْ قَضَتْ مِنْ كِتَابَتِهَا شَيْئًا قَالَتْ لَهَا عَائِشَةُ ارْجِعِي إِلَى أَهْلِكِ فَإِنْ أَحَبُّوا أَنْ أَقْضِيَ عَنْكِ كِتَابَتَكِ وَيَكُونَ وَلَاؤُكِ لِي فَعَلْتُ فَذَكَرَتْ ذَلِكَ بَرِيرَةُ لِأَهْلِهَا فَأَبَوْا وَقَالُوا إِنْ شَاءَتْ أَنْ تَحْتَسِبَ عَلَيْكِ فَلْتَفْعَلْ وَيَكُونَ وَلَاؤُكِ لَنَا فَذَكَرَتْ ذَلِكَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لَهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ابْتَاعِي فَأَعْتِقِي فَإِنَّمَا الْوَلَاءُ لِمَنْ أَعْتَقَ قَالَ ثُمَّ قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَا بَالُ أُنَاسٍ يَشْتَرِطُونَ شُرُوطًا لَيْسَتْ فِي كِتَابِ اللَّهِ مَنْ اشْتَرَطَ شَرْطًا لَيْسَ فِي كِتَابِ اللَّهِ فَلَيْسَ لَهُ وَإِنْ شَرَطَ مِائَةَ مَرَّةٍ شَرْطُ اللَّهِ أَحَقُّ وَأَوْثَقُ
2373. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Al Laits
dari Ibnu Syihab dari 'Urwah bahwa 'Aisyah radliallahu 'anha bahwa dia mengabarkan bahwa
Barirah datang meminta tolong kepadaku tentang ketetapan dirinya (untuk dibebaskan)
sedang dia belum menerima ketetapan tersebut. Maka 'Aisyah radliallahu 'anha berkata,
kepadanya: "Kembalilah kamu kepada tuanmu. Jika mereka suka aku akan penuhi
ketetapanmu dan perwalian kamu ada padaku, maka aku penuhi. Kemudian Barirah
menceritakan hal itu kepada tuannya namun mereka menolak dan berkata: "Jika dia mau
silahkan dia berharap untuk memperolehmu, namun perwalian kamu tetap ada pada kami".
Kemudian 'Aisyah radliallahu 'anha menceritakan hali ini kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda kepadanya: "Belilah dan
bebaskanlah karena perwalian menjadi milik orang yang membebaskannya". Dia 'Urwah)
berkata: Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdiri dan bersabda: "Mengapaada diantara kalian membuat persyaratan dengan syarat-syarat yang tidak ada pada
Kitabulloh. Barangsiapa yang membuat persyaratan yang tidak ada pada Kitab Allah maka
tidakberlaku baginya sekalipun dia membuat seratus kali persyaratan. Syarat dari Allah lebih
berhak dan lebih kokoh".
0 Comments
Posting Komentar